Image of Fiqh Ushul Fiqh

Text

Fiqh Ushul Fiqh



Secara historis filosofis, ushul fiqh tidak dapat dilepaskan dari sejarah dan filsafat. Hal tersebut karena ushul fiqh merupakan bagian dari filsafat dalam kaitannya dengan penerapan logika deduktif. Ariestoteles adalah pencetus logika deduktif, yang telah melahirkan silogisme, yaitu model berfikir yang sistematis dengan menarik premis mayor kepada premis minor untuk menghasilkan konklusi yang tepat.

Cara berfikir dipelajari oleh umat Islam melalui ilmu manthiq yang paling menonjol adalah pengembangan ilmu ushul fiqih sebagai metodologi istibath hukum Islam. Pelopor utama dari pengembangan silogisme deduktif dalam deduktif dalam konteks ushul fiqh adalah Imam Syafii.

Meskipun ada yang mengatakan bahwa pelopor pengembangan silogisme bukan Imam Syafii, melainkan Imam Hanafi atau Imam Malik, Imam syafii dengan kitab Ar-Risalah nya lebih universal dalam menerapkan logika deduktif. Terlebih lagi, ia menjelaskannya melalui pendekatan epistemologis.

Sebagaimana ia mengatakan kaef al-bayan adalah takyif yang mengungkapkan sebuah pertanyaan mendasar dari epistemologi. Bagaimana penjelasannya? artinya dari mana asal pengetahuan dan bagaimana cara menggalinya? atau, ketika Imam Syafii memandang qiyas sebagai bagian dari pendekatan ijtihadiyah dalam menggali hukum Islam, sedangkan qiyas adalah salah satu bagian dari penerapan logika silogistik yang dikembangkan oleh Imam Syafii.

Buku ini mencoba menguraikan fiqh dengan ushul fiqh secara berbarengan sehingga hubungan keduanya akan lebih tampak. Yang lebih menarik lagi dari buku ini adalah adanya penjelasan yang lebih mendalam tentang sumber hukum Islam dan metode penggalian hukum Islam.


Ketersediaan

2019-196032x4.02 BEN fMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x4.02 BEN f
Penerbit Pustaka Setia : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-730-975-6
Klasifikasi
2x4.02
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this