Image of Ayat - ayat Kauniyah

Text

Ayat - ayat Kauniyah



Temuan-temuan ilmu alam modern mendukung kebenaran yang dinyatakan dalam al-Qur’an bukan dogma materialis. Materialis boleh saja menyatakan bahwa semua itu “kebetulan”,namun fakta yangb jelas adalah bahwa alam semesta terjadi sebagai hasil penciptaan dari pihak Allah dan satu-satunya pengetahuan yang benar tentang alam semsta di temukan dalam firman-Nya dalam al-Qur’an.
Adapun terkuaknya ilmu pengetahuan modern dalam al-Quar’an adalah lewat tafsir ilmi. Lalu, bagaimana jika tafsir ilmi yang notabebe berpijak pada rasionalitas, observasi,dan eksperimen penelitian itu dibandingkan dengan tafsir Isyari yang bersifat intuitif dan kadang tidak rasional itu? Bagaimana sang sufi besar;al-Qusyairi membuat penafsiran terhadap ayat-ayat kauniyah (sains)? Apakah tidak terjadi kontradiktif antara kedua disiplin tafsir yang sangat bertolak belakang itu?
Denagan membaca buku ini pelbagai pertanyaan seputar sufisme dan islamisasi sains dapat terjawab dengan sangat memuaskan dan ilmiah. Dan, dengan merenungi isi buku ini akan semakin sadar bahwa begitu luas dan dalam makna-makna yang terkandung al-Qur’an sebagaimana dalam Q.S. al-Kahfi:109.
“katkanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalaimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tam,bahan sebanyak itu (pula)”.


Ketersediaan

2021-21631297.124 ABB aMy LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
297.124 ABB a
Penerbit UIN Malang Press : Malang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 165 hlm.21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-24-3088-1
Klasifikasi
297.124
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini